Langsung ke konten utama

Alasan Mulai Ngeblog , Blog Tempatku Bertumbuh



Ternyata aku cukup banyak menulis tentang alasanku buat ngeblog. Kenapa akhirnya aku memutuskan untuk menulis semua hal di media ini? Aku juga menulisnya di blog sebelah.


Saat ini, ketika aku mulai menulis tantangan di hari kedua, aku membaca semua tulisanku seputar alasanku untuk menulis di blog. Dan banyak kusadari ternyata aku bertumbuh. Aku kembali membaca satu persatu alasanku untuk memulai menulis di blog. Dari situ aku menyimpulkan diriku telah banyak bertumbuh. Entah berubah ataupun berkembang, kesemuanya adalah proses bertumbuhku. 


Masih sama! Alasan terbesarku, alasan utamaku adalah untuk curhat. Menulis setiap hal yang aku rasakan, yang aku alami. Apapun itu! Aku yang merasa punya kenikmatan dan rasa lega luar biasa ketika selesai menulis. Aku yang ternyata candu dengan menulis. Aku yang ternyata terlambat menyadari bahwa menulis benar-benar menjadi bagian dari hidupku. Dan di sinilah prosesnya.


Mungkin akan kujelaskan bagaimana aku bertumbuh dengan blogku (teman setiaku). Alasan demi alasan kenapa aku ngeblog. Aku urutkan mulai dari tahun lama sampai sekian ya.  Ini hasil rangkuman dan kasih kesimpulan soal alasanku ngeblog ya. (tulisan ini aku rangkum dari blogku sebelah).


Blog Adalah Sebuah Pelarian

Yah masih sama! Alasannya masih sama, mungkin kalian juga kek gini. Kalau sejatinya aku kabur ke blog ketika merasakan tidak baik-baik saja. Ketika itu jalan yang kupilih ya nulis, ya ngeblog. Nulis di blogku, diariku. Ketika aku nggak mau merepotkan orang untuk susah payah mendengarkan dan menyimak curhatku. Ketika aku nggak punya temen cerita, ya di bloglah sebagai pelariannya.


Saya itu tipe orang yang nggak bisa mendem apapun, nah karena nggak selalu bisa cerita ke orang (temen, keluarga) atau ketemu mereka, saya memilih blog.

Berada di Sampingmu, Aku Bahagia (Blog)

Tulisan ini aku posting di tahun 2018 lalu. Satu tahun setelah aku serius buat ngeblog lagi dengan membuat blog baru (yang sekarang sudah berdomain). Ini merupakan salah satu tantangan menulis di blog yang aku ikuti. Ya salah satu temanya juga sama menulis “alasan ngeblog”. 


Aku menuliskannya benar-benar dari hati. aku  yang baru menikmati bahwa blog  memang tempat yang sangat tepat untukku berlabuh.  Berlabuh untuk bercerita tentang apapun! Murni untuk menyimpan memori. Aku juga sempat bercita tentang si Sugar ini di sana (blog ini, blog pertamaku).

Tulisannya tetap, macem gado-gado yang kebanyakan curhat. Aku kasih nama Sugar karena pengen nulis yang manis-manis. Manis kehidupan hoho!

Sesuaikah Nama Blog dengan Pribadimu ?

Kalau dihitung, belum ada satu tahun aku menuliskannya. Dan belum lama juga aku bimbang dengan blogku sendiri. Tepatnya soal konten yang aku usung di blog. Walau aku nyaman dengan yang namanya curhat, ternyata curhatanku juga harus punya jalan atau tema sendiri. Aku yang mulai menyortir apa aja sih yang sebenarnya aku suka dan bikin aku tertarik untuk menuliskannya. Intinya kek pencarian jati diri gitu. 

Mulai dari mengganti nama blog (blog sebelah) karena blog ini masih aku pertahankan dengan nama Sugar. Bahkan tidak pernah aku utak-atik dari awal, beda dengan Tulisannya Vera. Nah, dari situ juga aku mulai bingung untuk menentukan konten yang identik denganku. 

Jangan salah, awal kali ngeblog aku menulis semua hal. Bahkan apa yang aku tonton dan baca. Kebiasaanku (yang lagi rajin-rajin ya) BW, aku sampai ingin menuliskan hal sama dengan apa yang mereka tulis. Entah karena ingin menulis, serakah, atau tak tahu arah. Aku juga menulis soal kecantikan, skincare dan makeup. Bahkan ada satu tulisan tentang skincare menjadi salah satu tulisan terfavorit di blogku. 

Tetapi, kenyataannya aku tak cukup banyak kuasa di sana. Hanya berbagi pengalaman, tak lebih. Aku nggak bisa melanjutkan karena lagi-lagi semua bermula dari curhat saja. Apapun ya ditulis adalah benar-benar dekat denganku, yang aku alami sendiri! Yah itulah terombang-ambingnya aku untuk menyortir setiap jengkalnya.  

Nah nama blog Tulisan-nya Vera lumayan mikir juga pertama nentuin. Intinya saya cuma kepengen punya blog, pengen curhat, pengen bagiin cerita jajan sama jalan-jalan, sekalian saya ingin berbagi akan dunia yang sedang saya geluti. Intinya bikin dululah, urusan yang lain belakangan. 

Dan kalu dicermati lagi, semua mengacu pada “curhat”. Ya tinggal bagaimana membungkusnya. Nah, di blog ini juga sama. Sama-sama curhat, masih curhat! Malah bagiku kerasa lebih ngalir karena aku nggak perlu memikirkan konten. Aku menulis dengan gila, semaunya aku dan semampunya aku. Lagi! sebagaimana nyamannya aku untuk berbagi cerita. 

Kalau Kamu Tanya Alasan Aku Nulis dan Ngeblog, Ini Jawabannya!

Nah, mungkin di tulisan itu aku mulai sedikit demi sedikit menemukan jati diriku. Alasanku untuk ngeblog itu apa. Yah! Masih sama untuk merekam dan menyimpan momen. Hingga pada akhirnya, aku sering nulis soal jalan dan jajan. Apalagi dua tahun terakhir aku mulai candu dan demen nulis tentang pengalamanku berkenalan, jatuh cinta, sampai candu dengan kopi. 

Kalau kalian perhatikan dengan seksama, foto yang selalu aku unggah nggak jauh-jauh dengan yang namanya jajan. Yah ngopi juga! Tapi, saya tidak akan meninggalkan awal mulai kesenanganku untuk ngeblog. Benar! Curhat! Sampai pada kesimpulan, sebagai jurnal digitalku. Blog Sugarku pun sama, yah sebagai jurnal pribadi dalam bentuk digital. 

Selamat datang di jurnal Vera! Yah nama Sugar tuh kepengennya berjalan manis-manis. Eee tapi yang namanya hidup nggak selalu manis alias mulus. Berharap dengan nama ini bisa jadi doa baik dan motivasi hidup. Jurnal isinya kek gado-gado gitu! Suka curhat! karena sambat adalah hobi, eh.

Kira-kira seperti itulah aku bertumbuh dengan dengan media curhat digitalku, blog. Alasan masih sama, merekam dan menyimpan memorian akan diriku.  Terima kasih untuk yang udah baca sampai sini ya. Kalau alasan kalian apa nih?


Komentar

  1. Balasan
    1. ujung-ujunge emang itu dhiraaa :D biarr tetap waras katanya :)

      Hapus
  2. Curhat dan sambat is life. Wkwkkw

    Wkwkwkkw .. Jadi Jurnal Vera punya kesamaan kek blogku Jurnal rieagustina. Cuma yang itu lebih ke traveling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambat adalah bakat ya mbk :) nah kek lebih informatif gtu lo ya sebelah :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertegur Sapa setelah Sekian Lama

  Mari kita buka lembaran baru!  Siang ini aku sedang berada di kedai kopi langgananku. Hampir setiap hari ke sini. Kalau ke sini pesannya itu-itu mulu, jarang ganti! Selain males mikir mau pesan apa, udah cocok sama menu itu aja. Cuma siang ini aku pesan menu yang udah lama banget enggak aku pesan. Ini pun dah lama banget enggak pesen si kopi satu ini. Beberapa waktu lalu suka pesen menu kopi ini untuk temen melek sih. Yap! Siang ini aku pesan es kopi hitam atau black coffee ice. Ide terbesit ketika berada di kendaraan mikir pen seger-seger gitu. Yaudah pesen ini aja!  Oke kembali ke pernyataan awalku, "Mari kita buka lembaran baru!" Tepatnya sih "aku". Setelah setahun lebih enggak ngeblog, aku mulai dengan tulisan pendek ini ya! Aku memutuskan untuk ngeblog di tempat lain atau di sini ya? Ketika tulisan ini aku buat, aku masih bingung mau unggah di mana. Blogku berdomain sudah hangus sejak tahun lalu. Ketika aku memutuskan untuk enggak memperpanjang domain.  Yap!

Keputusan Terbaik untuk Kembali ke Dunia Bloger

  Memutuskan untuk menulis di blog merupakan satu dari keputusan di hidupku yang aku syukuri. Sudah lama ingin aktif kembali di dunia blogger ini. Setelah setahun lebih aku hanya fokus dengan agenda menulisku di platform lain bahkan porsi terbesarku menulis untuk sebuah pekerjaan. Padahal dulunya aku sering menuliskan hal apapun di blog. Apa yang aku suka dan gemari, ulasan (pribadi dan pekerjaan) pengalamanku, bahkan sampai curhatan.  Bahkan aku menerima beberapa pekerjaan lewat blogku setelah aku mulai aktif dan menekuninya di tahun 2017 an. Sungguh sayang blog yang aku bangun dan rawat dari tahun itu terpaksa harus hangus. Bahkan pula aku berikan tempat bernaung yang layak. Teringat, aku menyisihkan uangku dari hasil nulis artikel di media traveling lokal untuk membeli domain. Memang enggak murah, tapi aku masih ingat betul rasanya. Puas banget bisa memberi rumah blogku kala iti dengan jerih payah dari nulis juga. Setiap tahunnya pun aku masih rajin memperpanjang domain.  Aku masih

Hari Ini Bercerita

  Awalnya sih enggak kepengen nulis, tapi karena kebetulan buka laptop yaudahlah ya sekalian! Sekalian menumpahkan unek-unek di hati dan pikiran karena dah lumayan penuh ya bund!  Salah satunya nih! Tadi di sekolah aku dapat celetukan gini “Jangan Bu, jangan mau jadi mertuanya Bu Vera! Nanti apa-apa ditulis di sosmed, kan suka curhat di sosmed dia!” Dan apa reaksiku? Langsung berubah mukaku, lebih syok gitu! Tahan-tahan mukanya jangan kelihatan sakit hatinya, batinku. Huaaa langsung down seketika itu juga. Langsung tetiba nyalahin diri sendiri dan bergumam dalam hati mengiyakan “Mana aku suka curhat lagi di twitter!” “Salah ya?” Tetiba runtuh aja. Kek mau nampelin omongannya tuh enggak ada daya, tapi kalau diem kerasa banget sakit hatinya. Huaaaa!!!  Memang hampir setiap hari aku bakalan nulis apapun di twitter. Memang bener kata orang-orang tuh, si twitter tuh tempatnya sambat. Enggak tahu kenapa aku lebih bisa jujur di sana. Lebih nyaman cerita dan tentunya sambat.  Numpahin isi ha