Langsung ke konten utama

Bahasa yang Ingin Dikuasai



Perasaan kek gini selalu ada, nggak rela ramadan akan segera berakhir :( Sedih dan nggak rela. Aku sendiri kek negrasa masih kurang aja untuk ibadah tahun ini. Semoga tetap istiqomah walau ramadan udah berlalu, aamiin. 

Mengenai  bahasa yang ingin dikuasai ya? Em oke! Akan kusebutkan. Semau bahasa yang aku sebutkan ini nantinya tuh berkaitan dengan hal yang aku suka sih dan akhirnya aku kepengen juga ngusain bahasa itu. Seperti kebiasaan nonton youtube, drama atau film. Dan dari sana timbul keinginan buat kuasai bahasanya. 

Bahasa Inggris 

Aku sadar betul kemampuan bahasa Inggrisku nggak bagus. Padahal kamu jurusan bahasa Ve? Yah, aku juga ngerasa gitu. Cethek alias dangkal banget soal kemampuan bahasa Inggris nih. Nggak jago yang gimana-gimana amat. Aku paham seumpama nonton youtube gitu, tapi kadang juga masih kesusahan buat rangkai semisal harus menceritakan ulang. Intinya aku paham, tapi susah buat ngungkapin dalam bahasa sendiri. Nah, berkaitan sama kemampuan nulis berbahasa Inggris sih. Asli nol deh! Keknya cuma kuasai reading, itu pun kalau nemu kata yang aku nggak ngerti artinya harus nyari dulu. Terus soal menyimak juga masih kesulitan gitu apalagi ngomong. Heeem . . . 

Padahal dari sekolah dasar udah familiar sama bahasa Inggris, tetapi masih aja ngerasa sulit ya. Jadi, aku iri banget sama mereka yang lancar berbahasa Inggris alias faseh. Iri dengan orang yang berilmu sah-sah aja kan? Nah, aku juga membiasakan diri lebih, lebih, dan lebih dengan menonton youtube atau film dengan subtitle bahasa Inggris. Tetapi, jujur aku lebih suka belajar dari tayangan youtube kek vlog gitu karena pasti bahasa atau kata yang digunakan lebih familiar dalam kehidupan sehari-hari. Terus aku juga suka nyatet beberapa kosa kata baru. Kebiasaan ini biasanya aku tulis ketika aku baca buku atau artikel. Masih belajar dan aku bener-bener obsesi sih. Malu aja bahasa Inggrisku juelek. 

Bahasa Korea 

Ini juga salah satu obsesiku sih hihi. Ya tapi obsesi kalau nggak diimbangi sama usaha juga sama aja bohongkan ya? Ini gara-gara aku sering nonton youtube, drama, dan film Korea. Mulai dari budayanya kali ya, jadi tertarik juga buat pelajari bahasanya. Apalagi akhir-akhir ini aku makin demen nonton vlog berbau-bau Korea. Apalagi tentang studi di sana. Duh mupeng, tetapi sadar diri anaknya sekarang pemalas. Buktinya aja molor, kuliahku aja belum selesai. Hiks merana banget! Gitu maunya dulu lanjutin eee sekarang. Kalau kalian mau denger alasanku molor kuliah kalian bisa dengerin di podcastku ini ya, di sini. Tepate curhat sih hihi.

Entah kenapa yang berbau Korea itu keren gitu. Pen jalan-jalan di Korea gitu sembari menikmati jajanan khas sana. Udah bolak-balik aku lihat dalam drama, ngiler tahu!! Kalau seumpama bisa ke sana, kan seru tuh bisa berbahasa Korea ya. Ya kalau pun nggak, itung-itung nonton film atau drama nggak pakai subtitle. Weh, bayanginnya kok udah waw aja ya hehe. 

Bahasa India 

Asal kalian tahu!? Cieleh sok-sokan deh Vera nih ya. Aku tuh suka banget sama film bollywood dan dengerin lagu india. Sampai sekarang pun, walau kalau film udah nggak terlalu ngikutin. Kataku tuh masih bagus-bagus film India jaman dulu. Sekarang masih suka nikmatin beberapa lagu lama dan baru. Dulu pas SMA pernah nemu kamus sederhana bahasa India. Sok-sokan praktekin ke temen-temen padahal juga kata-kata itu doang, banyak ngawurnya hihi. Yah setidaknya kalau nyanyi tu tahu artinya. Ini cuma nyanyi-nyayi doang tapi nggak ngerti artinya kalau nggak cari dulu. Nggak tahu kenapa cengkok lagu-lagu India tuh bikin nagih. Ya nggak? 


Ada yang sama kek aku nggak ? Kepengen nguasain bahasa India salah satunya? Bagi di kolom komentar ya :)


Komentar

  1. Wihh, kak Vera jurusan bahasa jugaa? Sama dong! Tapi walaupun kuliah bahasa, yaa tetep gak otomatis pinter juga sih bahasa jepangku wkwk, *ini sedih apa bangga ya jatohnya?😆😂

    Bahasa Korea tuh salah satu yg pingin banget aku pelajarin😍 tapi moh-mohan gitu lho moodnya, kak🤣 Mungkin sejak kuliah bahasa asing yg lain, jadi interest untuk bener-bener belajar bakor kurang, padahal smp dulu kayaknya rajin banget belajar bahasa korea. sampe minjemin buku-buku di perpustakaan dan mouthing setiap scene di drama, wkwkwk.

    Hayuuu kita belajar bahasa Inggris bareng kaak, aku juga jelek ingin bisa lancar😭 karena sejujurnya bahasa convo gitu lebih cepet masuk sih daripada belajar secara teori. Karena kalau kita ngobrol atau ketemu sama foreigner pun pasti yg dipake bahasa sehari-hari kan yaa:(

    Eniwey, semangat buat mendalami ketiga bahasa ini, kak Vera! Semoga dimudahkan jalannyaa😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Kak :) bener banget aku juga kek gitu walau jurusan bahasa, bahasaku juga masih kek gini aja. Tetapi, ya terus belajar upgradelah hehehe. Nah bener, aku juga mood2an sih kalau mau belajar bakor. Sebenrnya juga krena seringan nonton drama korea sih. aamiin aamiin, saman jgaa ya kak :) yuk yuk sama2 belajar :)


      duh aku telat banget yaa balesnya hihihi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertegur Sapa setelah Sekian Lama

  Mari kita buka lembaran baru!  Siang ini aku sedang berada di kedai kopi langgananku. Hampir setiap hari ke sini. Kalau ke sini pesannya itu-itu mulu, jarang ganti! Selain males mikir mau pesan apa, udah cocok sama menu itu aja. Cuma siang ini aku pesan menu yang udah lama banget enggak aku pesan. Ini pun dah lama banget enggak pesen si kopi satu ini. Beberapa waktu lalu suka pesen menu kopi ini untuk temen melek sih. Yap! Siang ini aku pesan es kopi hitam atau black coffee ice. Ide terbesit ketika berada di kendaraan mikir pen seger-seger gitu. Yaudah pesen ini aja!  Oke kembali ke pernyataan awalku, "Mari kita buka lembaran baru!" Tepatnya sih "aku". Setelah setahun lebih enggak ngeblog, aku mulai dengan tulisan pendek ini ya! Aku memutuskan untuk ngeblog di tempat lain atau di sini ya? Ketika tulisan ini aku buat, aku masih bingung mau unggah di mana. Blogku berdomain sudah hangus sejak tahun lalu. Ketika aku memutuskan untuk enggak memperpanjang domain.  Yap!

Keputusan Terbaik untuk Kembali ke Dunia Bloger

  Memutuskan untuk menulis di blog merupakan satu dari keputusan di hidupku yang aku syukuri. Sudah lama ingin aktif kembali di dunia blogger ini. Setelah setahun lebih aku hanya fokus dengan agenda menulisku di platform lain bahkan porsi terbesarku menulis untuk sebuah pekerjaan. Padahal dulunya aku sering menuliskan hal apapun di blog. Apa yang aku suka dan gemari, ulasan (pribadi dan pekerjaan) pengalamanku, bahkan sampai curhatan.  Bahkan aku menerima beberapa pekerjaan lewat blogku setelah aku mulai aktif dan menekuninya di tahun 2017 an. Sungguh sayang blog yang aku bangun dan rawat dari tahun itu terpaksa harus hangus. Bahkan pula aku berikan tempat bernaung yang layak. Teringat, aku menyisihkan uangku dari hasil nulis artikel di media traveling lokal untuk membeli domain. Memang enggak murah, tapi aku masih ingat betul rasanya. Puas banget bisa memberi rumah blogku kala iti dengan jerih payah dari nulis juga. Setiap tahunnya pun aku masih rajin memperpanjang domain.  Aku masih

Hari Ini Bercerita

  Awalnya sih enggak kepengen nulis, tapi karena kebetulan buka laptop yaudahlah ya sekalian! Sekalian menumpahkan unek-unek di hati dan pikiran karena dah lumayan penuh ya bund!  Salah satunya nih! Tadi di sekolah aku dapat celetukan gini “Jangan Bu, jangan mau jadi mertuanya Bu Vera! Nanti apa-apa ditulis di sosmed, kan suka curhat di sosmed dia!” Dan apa reaksiku? Langsung berubah mukaku, lebih syok gitu! Tahan-tahan mukanya jangan kelihatan sakit hatinya, batinku. Huaaa langsung down seketika itu juga. Langsung tetiba nyalahin diri sendiri dan bergumam dalam hati mengiyakan “Mana aku suka curhat lagi di twitter!” “Salah ya?” Tetiba runtuh aja. Kek mau nampelin omongannya tuh enggak ada daya, tapi kalau diem kerasa banget sakit hatinya. Huaaaa!!!  Memang hampir setiap hari aku bakalan nulis apapun di twitter. Memang bener kata orang-orang tuh, si twitter tuh tempatnya sambat. Enggak tahu kenapa aku lebih bisa jujur di sana. Lebih nyaman cerita dan tentunya sambat.  Numpahin isi ha