Langsung ke konten utama

Tentang Hobi Baru





Hobi dan kesenangan akan sesuatu tuh menurut aku bisa bertambah. Yang tadinya nggak tertarik sama satu hal, eeee kemudian tertarik dan akhirnya menggeluti. Dan berbicara mengenai hobi, kata itu seperti mewakili salah satu hal yang menumbuhkan rasa senang dalam diri. Ya nggak? Katanya kalau udah hobi ngejalaninnya tuh hepi aja bawaannya. Menumbuhkan semangat baru untuk melakukan aktivitas. 

Tetapi, ada kalanya juga kadang kita merasa jenuh dengan hobi kita. Aktivitas gitu-gitu aja. Memang harus dicari solusinya, harus dicari penetralnya. Ya misal, memberikan jeda atau mencoba hal lain yang justru nggak kita sadari jadi hobi baru. Bahkan hobi lama saling berkaitan dengan hobi baru kita. Karena aku salah satu manusia yang merasakan hal itu. Apa yang aku kerjakan dengan hobi sekarang, nggak jauh-jauh dari hobi lama. Kesenangan dengan level beda aja. Jadi, apa sih hobi terbaruku?

Bikin dan Edit Video 

Hobi baru ini muncul di awal masa-masa pandemi tahun kemarin karena kebiasaan nonton youtube. Kek nggak ada kerjaan pasti, mau nulis juga kadang ada bosennya. Nah, aku sering banget nontonin vlog gitu kek 'a day in my life' yang akhirnya membuatku juga bergerak membuat video hampir-hampir sama. Yah, kesemua intinya mengabadikan banyak hal yang terjadi di hidupku.Walau hanya merekam aktivtas sehari-hari yang nggak gimana-gimana amat. 

Nyari referensi video kek estetik gitu, sampai aku menemukan beberapa youtuber Indonesia bagus-bagus bikin video ala-ala gini. Kemudian sampai belajar edit dari youtube dan instal aplikasi edit di laptop. Hampir tiap hari eksperimen bikin video dan diedit. Dan ternyata itu nggak mudah lo?! Asli butuh kreativitas yang tinggi untuk masalah editnya eh pas ambil video juga sih. Misal pengen video kek gimana, penataannya gimana, pencahayaannya juga. Terus propertiku nggak terlalu mendukung kalau bikin video rumahan gitu, misal kek ada perabotan yang nggak ada. Atau ada beberapa barang yang warnanya nggak senada warnanya ( di dalam kamar khususnya) yang sempat bikin aku down juga sih. Karena ya studio dan markasku adalah kamar, ingin menonjolkan sisi itu. Kalau mau cek youtubeku di sini ya. 

Terus pas edit juga bener-bener harus oke alias kreatif. Dan tetek bengek alias pritilan dalam video tuh nggak mudah. Nambah efek suaralah, terus masalah filter atau efek video aja bisa bikin galau. Kek menemukan yang pas gitu susah, yah menemukan tone dalam video supaya jadi ciri khas. Nah, itu sih sedikit bikin frustasi. 

Akhirnya aku bikin youtube sih, saking ngebetnya. Walau hasilnya nggak seberapa, udah nekat aja. Jangan ditanya pengikutnya ya? hihi. Kemudian, karena aku mikir kalau bikin video di youtube tuh durasinya agak panjang ini jadi satu hal yang menyulitkanku sih. Jadilah, supaya tetap produktif bikin video yaa udahlah ya posting di tiktok. Dan ini bikin nagih! Kalian bisa cek di sini ya, difollow juga sangat boleh :)

Foto dan Edit Foto

Yah biasanya seneng difoto ya ?? hihi, sekarang beda dong! Ini kali ya kadang kebutuhan alat buat ngonten tuh berpengaruh banget alias kalau gawai bagus mau ngonten juga semangat hihi. Emang beda aja sensasinya karena pas waktu ponsel lama tuh aku sadar betul sama kualitiasnya. Jadilah, nggak terlalu banyak hal yang aku abadikan.  Nah, sejak berganti ponsel aku punya kesenangan baru buat foto-fotoin objek terutama makanan dan minuman yang aku konsumsi. Kek mengabadikan jajanku di ponsel sih. Selain itu, foto-foto koleksi bukuku. Nggak tahu kenapa asyik aja gitu. Jadi kesenangan tersendiri, oh gini ya rasanya ngepoto? bikin hepi! 

Nah soal edit foto ini yang nggak gimana-gimana amat sih. Aku cuma  nyari tone yang kira-kira cocok banget sama aku. Dan masih sering gonta-ganti sampai nemu yaa pas aja. Keknya lumayan tone yang aku suka tuh kek putih gitu lo. Seperti foto-foto dalam blog ini sih kebanyakan. Oh ya!  Kenapa foto yang digunakan di sini kebanyakan nggak sesuai sama tulisannya? Hehe ya sengaja aja sih, pen mengabadikan fotoku di blog ini juga walau nggak nyambung-nyambung amat sama ide tulisannya. Setidaknya bisa aku abadikan gitu hihi. 

Balik lagi, alasan lain karena aku sekarang fokus juga ke bookstagram  jadi foto-foto buku jadi hal wajib. Belajar foto sekaligus edit dan unggah deh. Aku berusaha belajar terus sih walau emang sulit sih. Jujur, lebih susah ngefoto daripada bikin video. Itu kalau aku ya hehe

Seni Berbicara 

Karena udah sangat lama nggak nge-MC dan jadi pembawa acara, sekarang kalau ngomong rada belibet deh. Maka dari itu,  aku bikin podcast. Yang dibahas juga nggak jauh-jauh dari uneg-uneg diri karena pada dasarnya juga suka curhatkan. Bedanya sama di blog sih, kalau di podscast bentuk lisan di blog ya tulisan. Nggak beda jauh, sama-sama curhat tapi beda media aja. Nah, dengan sering ngepodcast juga ngelatih bicaraku sih karena aku juga udah lama nggak ngajar. Takut kagok aja kalau suruh berbicara depan umum lagikan ya. 

Belajar Soal Content Planner 

Tahun ini aku benar-benar belajar hal baru termasuk jadi content planner. Dan apa sih sebenarnya kerjaan si content planner? Jujur, aku nggak memahami pasti. Maka dari itu, sembari ngerjakan sembari belajar. Kata temenku, udahlah kerjain aja dulu sembari ngalir belajarnya. Dan dari sana, aku juga mulai cari-cari referensi buat bahan belajar sih. Tertarik lebih dalam, menantang buatku karena juga nggak jauh-jauh dari keterampilan menulis juga. 


Kiranya itu sih hobi baruku. Dan semoga aku masih punya niat dan kesempatan buat belajar hal baru lagi. Aku senang belajar nggak hanya nyaman di zona nyaman aja sih. Pen eskplor banyak hal. Kalau kalian gimana ? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertegur Sapa setelah Sekian Lama

  Mari kita buka lembaran baru!  Siang ini aku sedang berada di kedai kopi langgananku. Hampir setiap hari ke sini. Kalau ke sini pesannya itu-itu mulu, jarang ganti! Selain males mikir mau pesan apa, udah cocok sama menu itu aja. Cuma siang ini aku pesan menu yang udah lama banget enggak aku pesan. Ini pun dah lama banget enggak pesen si kopi satu ini. Beberapa waktu lalu suka pesen menu kopi ini untuk temen melek sih. Yap! Siang ini aku pesan es kopi hitam atau black coffee ice. Ide terbesit ketika berada di kendaraan mikir pen seger-seger gitu. Yaudah pesen ini aja!  Oke kembali ke pernyataan awalku, "Mari kita buka lembaran baru!" Tepatnya sih "aku". Setelah setahun lebih enggak ngeblog, aku mulai dengan tulisan pendek ini ya! Aku memutuskan untuk ngeblog di tempat lain atau di sini ya? Ketika tulisan ini aku buat, aku masih bingung mau unggah di mana. Blogku berdomain sudah hangus sejak tahun lalu. Ketika aku memutuskan untuk enggak memperpanjang domain.  Yap!

Keputusan Terbaik untuk Kembali ke Dunia Bloger

  Memutuskan untuk menulis di blog merupakan satu dari keputusan di hidupku yang aku syukuri. Sudah lama ingin aktif kembali di dunia blogger ini. Setelah setahun lebih aku hanya fokus dengan agenda menulisku di platform lain bahkan porsi terbesarku menulis untuk sebuah pekerjaan. Padahal dulunya aku sering menuliskan hal apapun di blog. Apa yang aku suka dan gemari, ulasan (pribadi dan pekerjaan) pengalamanku, bahkan sampai curhatan.  Bahkan aku menerima beberapa pekerjaan lewat blogku setelah aku mulai aktif dan menekuninya di tahun 2017 an. Sungguh sayang blog yang aku bangun dan rawat dari tahun itu terpaksa harus hangus. Bahkan pula aku berikan tempat bernaung yang layak. Teringat, aku menyisihkan uangku dari hasil nulis artikel di media traveling lokal untuk membeli domain. Memang enggak murah, tapi aku masih ingat betul rasanya. Puas banget bisa memberi rumah blogku kala iti dengan jerih payah dari nulis juga. Setiap tahunnya pun aku masih rajin memperpanjang domain.  Aku masih

Hari Ini Bercerita

  Awalnya sih enggak kepengen nulis, tapi karena kebetulan buka laptop yaudahlah ya sekalian! Sekalian menumpahkan unek-unek di hati dan pikiran karena dah lumayan penuh ya bund!  Salah satunya nih! Tadi di sekolah aku dapat celetukan gini “Jangan Bu, jangan mau jadi mertuanya Bu Vera! Nanti apa-apa ditulis di sosmed, kan suka curhat di sosmed dia!” Dan apa reaksiku? Langsung berubah mukaku, lebih syok gitu! Tahan-tahan mukanya jangan kelihatan sakit hatinya, batinku. Huaaa langsung down seketika itu juga. Langsung tetiba nyalahin diri sendiri dan bergumam dalam hati mengiyakan “Mana aku suka curhat lagi di twitter!” “Salah ya?” Tetiba runtuh aja. Kek mau nampelin omongannya tuh enggak ada daya, tapi kalau diem kerasa banget sakit hatinya. Huaaaa!!!  Memang hampir setiap hari aku bakalan nulis apapun di twitter. Memang bener kata orang-orang tuh, si twitter tuh tempatnya sambat. Enggak tahu kenapa aku lebih bisa jujur di sana. Lebih nyaman cerita dan tentunya sambat.  Numpahin isi ha